RSS

GROUP SUPPORT SYSTEMS (GSS)

25 Des

GROUP SUPPORT SYSTEMS (GSS)

Group Support Systems (GSS).
Berbagai keputusan utama dalam organisasi dibuat oleh group secara kolektif. Mengumpulkan keseluruhan group secara bersamaan dalam satu tempat dan waktu adalah sulit dan mahal, sehingga pertemuan ini memakan waktu lama dan keputusan yang dibuat hasilnya sedang-sedang saja, tak terlalu baik. Salah satu contoh dari implementasi group DSS ini adalah Total Quality Management (TQM)

Expert Systems (ES).
Semakin tak terstruktur suatu organisasi, maka solusinya akan lebih spesifik. ES dibuat menyerupai seorang pakar / ahli. ES adalah paket hardware dan software yang digunakan sebagai pengambil keputusan dan atau pemecah masalah; yang dapat mencapai level setara atau kadang malah melebihi seorang pakar. ES merupakan cabang dari Sistem Pakar.

Sistem Pakar (expert system)

Kategori aplikasi sistem pakar :

 Manajemen keputusan merupakan sistem yang harus menilai situasi atau

mempertimbangkan alternatif dan membuat rekomendasi berdasarkan

kriteria yang disediakan selama proses penemuan seperti analisis portofolio

pinjaman, evaluasi kinerja karyawan, tanggungan asuransi, peramalan

demografi.

 Diagnostik/pemecahan masalah merupakan sistem yang menyimpulkan

penyebab utama dari sejarah dan gejala yang dilaporkan seperti

pencocokan peralatan, operasional bantuan (help desk), pengoreksian

software, diagnosis medis.

 Desain/konfigurasi merupakan sistem yang membantu mengkonfigurasi

komponen peralatan, berdasarkan batasan yang ada seperti instalasi pilihan

komputer, studi kemampuan manufaktur, jaringan komunikasi, rencana

perakitan optimum.

 Seleksi/klasifikasi merupakan sistem yang membantu pemakai memilih

produk atau proses, biasanya dari berbagai jenis alternatif seperti seleksi

materi, identifikasi rekening yang menunggak, klasifikasi informasi,

identifikasi sesuatu yang dicurigai.

 Pengawasan/pengendalian proses merupakan sistem yang mengawasi dan

mengendaikan prosedur atau proses seperti pengendalian mesin (termasuk

robotik), pengendalian persediaan, pengawasan produksi, pengujian kimia.

Mengembangkan Expert system

Cara termudah untuk mengembangkan expert system adalah dengan

menggunakan kulit luar sistem pakar (expert system shell) sebagai alat

pengembangan. Kulit luar sistem pakar adalah paket software yang terdiri atas

sistem pakar tanpa intinya, yaitu basis pengetahuannya. Jadi hanya kulit luar

(shell) software (mesin inferensi dan program interface) dengan inferensi

umum dan kemampuan interface pemakai. Alat pengembangan lainnya

ditambahkan untuk membuat kulit luar tersebut menjadi alat pengembangan

sistem pakar yang berdaya tinggi.

Salah satu definisi GDSS adalah sistem berbasis komputer interaktif yang memfasilitasi solusi masalah-masalah tak terstruktur oleh grup pengambil keputusan. Komponen-komponen GDSS meliputi hardware, software, orang, dan prosedur.

Ciri terpenting GDSS adalah:

GDSS sistem informasi yang didesain khusus, bukan sekedar konfigurasi komponen sistem yang telah ada.

GDSS didesain dengan tujuan mendukung grup pengambil keputusan dalam pekerjaannya. Maka GDSS harus meningkatkan proses pengambilan keputusan dan/atau hasil keputusan grup dibandingkan dengan keadaan tak menggunakan GDSS.

GDSS dapat meningkatkan keuntungan-keuntungan proses seperti di bawah ini:

Mendukung pemrosesan pararel dari peneluran informasi dan ide oleh partisipan.

Mengijinkan grup yang lebih besar dengan informasi, knowledge, dan ketrampilan yang lebih komplit untuk berpartisipasi dalam pertemuan yang sama.

Mengijinkan grup untuk menggunakan teknik dan metode terstruktur ataupun tak terstruktur untuk menampilkan task/tugas.

Menawarkan akses cepat dan mudah ke informasi eksternal.

Mengijinkan diskusi komputer yang tak berurutan (tak seperti diskusi verbal, diskusi komputer tak mesti harus serial atau berurutan).

Membantu partisipan berhubungan dengan gambaran yang lebih besar.

Menghasilkan hasil pemungutan suara anonymous (tanpa nama) instan (ringkasan-ringkasan).

Menyediakan struktur untuk merencanakan proses yang menjaga grup tetap di jalurnya.

Mengijinkan beberapa user berinteraksi secara bersamaan.

Mencatat semua informasi secara otomatis yang berlalu lalang dalam sistem untuk analisis lebih lanjut (mengembangkan ingatan organisasi).

Teknologi GDSS dibagi menjadi 3 level:

Level 1: Dukungan proses.

Level 2: Dukungan pengambilan keputusan.

Level 3: Aturan penugasan (rules of order).

Level 1: Dukungan Proses.

Item yang didukung oleh sistem ini:

  • Pengiriman pesan/message elektronik diantara para anggota grup.

Hubungan jaringan ke setiap terminal PC anggota pada anggota grup yang lain, fasilitator, layar buat publik, database, atau sembarang CBIS umum lainnya.

  • Layar buat publik tersedia di setiap terminal anggota grup atau dapat dilihat oleh semua anggota di pusat.
  • Masukan dalam hal pemungutan suara dan ide yang terlindungi siapa pencetusnya untuk meningkatkan partisipasi anggota grup.
  • Pengumpulan ide atau pemungutan suara dari setiap anggota grup untuk mendorong partisipasi dan merangsang kreativitas.
  • Penyimpulan dan penampilan ide dan opini, termasuk ringkasan secara statistik dan penampilan jalannya pemungutan suara (pada layar publik).
  • Satu format untuk agenda yang dapat disetujui oleh grup untuk membantu organisasi pertemuan.
  • Menampilkan agenda secara kontinyu, seperti halnya informasi yang lain, untuk menjaga pertemuan tetap pada jadwalnya.

Expert Systems (ES).

  • Semakin tak terstruktur suatu situasi, maka akan solusinya akan lebih spesifik. ES dibuat untuk menyerupai seorang pakar/ahli.
  • ES adalah paket hardware dan software yang digunakan sebagai pengambil keputusan dan/atau pemecahan masalah; yang dapat mencapai level yang setara atau kadang malah melebihi seorang pakar/ahli, pada satu area masalah yang spesifik dan biasanya lebih sempit.
  • Merupakan cabang dari aplikasi Artificial Intelligence (AI).
  • Ide dasarnya sederhana. Kepakaran ditransfer dari seorang pakar ke komputer. Pengetahuan ini lalu disimpan disitu dan user dapat meminta saran spesifik yang dibutuhkannya. Komputer dapat mencari, mengolah dan menampilkan kesimpulan yang spesifik. Dan seperti seorang pakar, saran tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang yang bukan pakar berikut penjelasannya yang berisi logika penalaran di balik saran itu.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 Desember 2012 in Uncategorized

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: